informesyen

2 Hal Yang Harus Dipikir Lagi

Share this:

2 Hal Yang Harus Dipikir Lagi

2 Hal Yang Harus Dipikir Lagi – Ada 2 hal yang menurut aku, semakin dewasa kita maka kita tidak boleh menganggap dua hal ini hanya perkara yang gampang. Karena, ini akan berdampak buruk kepada kita secara pribadi, dan tentunya juga punya efek yang panjang, kira-kira apa itu?

  1. Oversharing

Oversharing sudah pernah sebelumnya aku tulis di postingan yang ini. Oversharing merupakan kondisi seseorang dimana berbicara terlalu banyak terutama informasi yang berkaitan dengan pribadinya sendiri. Informasi yang diberikan biasanya juga macam-macam bisa berupa perjalanan asmara, karir atau rencana hidup kedepan. Terkadang kondisi oversharing ini bisa terjadi tanpa kita rencanakan dan bahkan tanpa kita sadari. Kebanyakan lawan bicara sebenarnya “hanya mau tahu saja” tentang informasi diri kita dan belum tentu juga mereka benar-benar peduli. Kalaupun rasanya memang butuh orang untuk bercerita, please banget carilah orang yang emang benar-benar kamu tahu banget orangnya. Karena kalau cerita ke sembarangan orang sama saja dengan mengumbar aib sendiri bukan?

(baca juga Buat Lebih Tenang)

  1. Meminjamkan atau Dipinjamkan Uang

Soal uang kita juga harus tegas dan disiplin juga kan ya, walaupun itu sulit. Tapi cobalah untuk tidak meminjamkan ataupun dipinjamkan uang atau seenggaknya cobalah untuk mengurangi hal ini. Meminjamkan artinya memberikan pinjaman kepada orang lain yang merasa butuh. Jika meminjamkan ini atas dasar perasaan tidak enak, cobalah untuk bersikap lebih tegas lagi, karena kita sendiri juga butuh kan ya dan bisa jadi kita punya keperluan yang lebih urgent lagi dari mereka yang meminjam. Jangan sampai karena tidak enakan atau segan malah membuat kita menjadi semakin sulit nantinya. Jika rasanya berat untuk meminjamkan, beranikan juga kepada diri sendiri buat menolak. Sementara itu dipinjamkan artinya menerima pinjaman dari orang lain atau nama lainnya bisa dibilang dengan “hutang”. Yang namanya hutang ya harus dibayar, dan namanya hutang itu pasti akan ditagih. Kalaupun memang harus berhutang usahakan bisa membayar hutang ini segera mungkin atau tepat waktu. Telat bayar hutang malah buat hubungan kamu sama orang lain menjadi buruk. Pasti kamu pernah dengar kalau hutang itu bisa menjadi pemutus silaturrahmi. Dan kalau ditagih jangan lebih galak lagi dari yang menagih ya!

(Gelang Sanrio mote 12pcs, beli klik di sini!)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *